PELATIHAN PENYIAPAN PEMBERIAN PMT BAGI IBU HAMIL KEK DAN BALITA KURANG GIZI

Pelatihan Tim Pelaksana Dalam Penyiapan Pemberian Makanan Tambahan Berbasis Pangan Lokal Bagi Ibu Hamil KEK dan Balita Gizi Kurang Tingkat Puskesmas dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Mei 2024 pada pukul 08.00 WIB di aula UPT Puskesmas Bendan. 

Narasumber dalam kegaiatan ini adalah Santi Yuniarti, AMG (Petugas Gizi UPT Puskesmas Bendan) dengan materi Pemberian Makanan Tambahan Berbahan Pangan Lokal Bagi Ibu Hamil dan Balita. 
Narasumber lainnya yaitu Khodirin, Amd. KL (Sanitarian UPT Puskesmas Bendan) dengan materi Hygiene dan Sanitasi Pangan Dalam Persiapan Pemberian PMT Lokal. 

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan pangan lokal merupakan salah satu strategi penanganan masalah gizi pada Balita dan ibu hamil. 
Kegiatan PMT tersebut perlu disertai dengan edukasi gizi dan kesehatan untuk perubahan perilaku misalnya dengan dukungan pemberian ASI, edukasi dan konseling pemberian makan, kebersihan serta sanitasi untuk keluarga.  

Kegiatan PMT berbahan pangan lokal diharapkan dapat mendukung kemandirian pangan dan gizi keluarga secara berkelanjutan. 
Tujuan Peningkatan BB ibu hamil sesuai usia kehamilannya, perbaikan status gizi. 
Sasaran PMT lokal yaitu ibu hamil kurang energi kronis (KEK), ibu hamil risiko KEK, Balita berat badan tidak naik, Balita berat badan kurang dan balita gizi kurang.